0
RESEP MEMBUAT DONAT ALA J.CO ASLI


Penggunaan tepung. 

Untuk donat yang bercitarasa dan empuknya pas rahasia pembuatannya pada donat dicafe-cafe, diantaranya Donat J.Co, salah satunya ada pada terigu yang digunakan, yaitu dengan cara mencampurkan tepung yang mengandung protein sedang dicampur dengan tepung berprotein rendah.

Pemilihan dan penggunaan telur. 

Telur yang digunakan seharunya yang kuningnya cerah dan jumlahnya harus lebih karna sangat berpengaruh pada tekstur daging donatnya pada saat telah matang.

Penggunaan ragi. 

Cara menggunakan ragi sebaiknya ragi seperti pembuatan roti pada umumnya yang sebelumnya harus dilarutkan dulu dan jangan langsung dicampur karna tidak akan tercampur dengan baik.

Penggunaan garam. 

Waktu yang tepat pada saat memasukkan garam adalah setelah semua bahan tercampur agar tidak merusak fungsi kerja ragi dalam mengembangkan adonan.

Penggunaan air dingin. 


APALAGI YAAAAA.....


Nah, salah satu rahasia tersembunyi Donat J.Co disini adalah penggunaan air dingin pada saat mencampur adonan. Dan karna menggunakan susu dalam membuat adonannya maka sebaiknya gunakanlah air susu yang dingin karna dengan cara ini adonan donat akan mengembang dengan baik seperti pada pembuatan roti.

Pemilihan minyak goreng. Minyak goreng yang baik digunakan agar hasil donatnya renyah adalah dengan menggunakan minyak goreng padat atau lebih kental.

Satu lagi yang saya ingin memberitahukan juga bahwa Cara Membuat Donat J.Co Mirip Persis! salah satu rahasinya juga adalah pada pembuatan adonannya, sebaiknya jangan berhenti mengaduk donat hingga adonan betul-betul kalis. Hal ini ditandai apabila adonan jika dicolek tidak lagi sobek. Apabila masih bisa sobek pada saat diambil secuil adoanannya berarti masih harus tetap diaduk hingga rata.

Rahasia cara Menggoreng Donatnya :

Pada waktu menggoreng donat agar hasilnya, utamanya bentuknya, dapat sempurna dan menyerupai bentuk donat JCO yang dijual, maka tipsnya adalah dengan menggunakan sumpit pada waktu menggoreng. 

Sumpit digunakan untuk membentuk lubang donat agar berlubang sempurna yang mana lubang donat tersebut sudah dibentuk sebelumnya tapi masih dalam bentuk lubang yang kecil. 

Caranya, pada saat donat J.CO mengambang di atas minyak saat digoreng maka tinggal memasukkan sumpit di tengahnya kemudian dogoyang-goyangkan berputar satu arah agar bentuk lubang donatnya terbentuk dan membesar sesuai dengan bentuk lubang donat yang diinginkan. 

Cara lain dalam membentuk donat sebenarnya juga bisa dengan menggunakan cetakan khusus yang di beli di pasar yang harganya tidak sampai 5.000 per biji, tapi tetap saja harus dirapikan pinggirnya agar tidak kasar pada saat di goreng.



Semoga bermanfaat. SELAMAT BERKREASI...
>>ShAre tEmAn Yuk!!!

ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Posting Komentar

 
Top